Manfaat Game Online Untuk Tingkatkan Nilai Sekolah



Game Online Bisa Bantu Tingkatkan Nilai di Sekolah
Jangan buru-buru melarang Anak terlalu sering bermain video game. Penelitian di RMIT University di Melbourne, Australia, menunjukkan remaja yang bermain game online secara teratur cenderung mampu meningkatkan nilai di sekolah.
Sebaliknya, murid yang sering mengunjungi situs Facebook atau situs chatting setiap hari, tertinggal lebih jauh dalam matematika, membaca, dan ilmu pengetahuan alam.
Alberto Posso, Associate Professor dari RMIT's School of Economics, Finance and Marketing, meneliti hasil dari program asessment murid internasional (PISA) yang diakui secara global.
PISA menguji lebih dari 12 ribu remaja Australia berusia 15 tahun dalam matematika, membaca, dan ilmu pengetahuan alam. PISA juga mengumpulkan data aktivitas online para murid remaja tersebut.
“Video game bisa membantu murid mengaplikasikan dan mempertajam keahlian yang dipelajari di sekolah,” kata Posso.
Dia mengatakan murid yang bermain game online hampir setiap hari memiliki nilai 15 poin di atas rata-rata dalam matematika dan 17 poin di atas rata-rata dalam ilmu pengetahuan alam.
“Saat bermain game online, mereka menyelesaikan teka-teki dan berlanjut ke level selanjutnya. Ini melibatkan pengetahuan dan keahlian dalam matematika, membaca, dan ilmu pengetahuan alam yang didapat sepanjang hari di sekolah,” kata Posso.
Guru, kata dia, harus mempertimbangkan untuk menggabungkan video game yang terkenal saat mengajar. “Asal jangan yang mengandung kekerasan,” kata Posso.
Sebaliknya, murid yang secara teratur mengunjungi media sosial akan kehilangan waktu belajar. Tapi ini mengindikasikan mereka mengganti belajar matematika, membaca, dan ilmu pengetahuan alam dengan bersosialisasi di dunia maya.
“Guru mungkin bisa mempertimbangkan penggunaan Facebook di dalam kelas untuk membantu menarik murid terlibat dalam pelajaran,” kata Posso.
Ia mengatakan penting untuk memperhatikan faktor lain dalam perkembangan remaja. Mengulang kelas atau bolos akan lebih buruk daripada menggunakan media sosial.
Adapun murid pribumi atau orang dari kelompok etnis dan bahasa minoritas berisiko tertinggal pelajaran dibandingkan dengan murid yang menggunakan Facebook atau situs chatting setiap hari.
Jadi Game Online itu ada manfaatnya bukan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Game Online Untuk Tingkatkan Nilai Sekolah"

Posting Komentar