Perbedaan Antara Windows 32 dan 64 Bit Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya

Perbedaan Antara Windows 32 dan 64 Bit, Kelebihan windows 32 bit dan 64 bit.

Perbedaan Antara Windows 32 dan 64 Bit - Windows merupakan sebuah system operasi yang dibuat oleh Microsoft. Penggunaan Windows di Indonesia sendiri sangant banyak penggunanya, bisa dibilang paling populer di Indonesia. Banyak brand yang menggunakan Windows sebagai system operasi pada komputer atau leptop yang mereka produksi.

Penggunan Windows yang mudah digunakan, serta system operasi Windows yang mudah untuk dipahami menjadi salah satu alasan banyaknya pengguna memilih Windows. Tapi apakah Anda tahu bahwa  Windows menggunakan dua basis sistem berbeda yang diterapkan. Keduanya adalah Windows 32 bit dan 64 bit.

Sekilas keduanya terlihat sama nampak tidak ada yang berbeda dari keduanya, akan tetapi keduanya ternyata memiliki perbedaan. Bahkan dibalik perbedaannya, Windows 32 bit dan 64 bit memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Nah pada artikel ini kita akan membahas perbedaan antara Windows 32 dan 64 bit.
Baca Juga : Cara Membuat Password Login di Windows 8

Perbedaan Antara Windows 32 dan 64 Bit 

1. Batas Maksimasl yang Digunakan
Perbedaan pertama yang paling mencolok adalah jumlah maksimal RAM yang dapat digunakan pada Windows 32 dan 64 bit. Pada Windows 32 bit jumlah RAM yang dapat digunakan sebesar 3 GB saja, ketika Anda memasang RAM dengan ukuran lebih dari 4 GB maka yang dibaca tetap 3 GB saja. Sedangkan untuk Windows 64 bit mampu membaca RAM lebih dari 4 GB, intinya Windows 32 bit memiliki jumlah batas RAM yang lebih kecil ketimbang Windows 64 bit.

2. Software yang Digunakan 
Perbedaan yang paling mencolok berikutnya adalah kompatibilitas software yang dapat diinstal. Windows 32 bit tidak dapat menjalankan software di Windows 64 bit, hanya bisa menjalankan software yang berbasis 32 bit. Sedangkan Windows 64 bit dapat menjalankan dengan leluasa software Windows 32 bit dan tentunya software yang berbasis 64 bit sendiri. Windows 64 bit sangat cocok digunkan untuk software yang mengutamakan grafis.

3. Performa 
Perbedaan berikutnya adalah keduanya ditentukan oleh kemampuan prosesornya. Windows 32 bit lebih cocok digunakan untuk menjalankan software yang ringan seperti Microsoft Office. Sedangkan Windosw 64 bit lebih cocok digunakan untuk software yang lumayan berat, contohnya adalah kegiatan Multimedia sperti editing, rendering , desain dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Windows 32 dan 64 bit

Kelebihan

1. Kelebihan Windows 32 bit
  • Dapat menjalankan softaware lama dengan basis 16 bit.
  • Kompatibel dengan driver lama.
  • Dapat beroperasi secara maksimal meski hanya degan RAM 2 GB saja
  • Cocok untuk komputer atau leptop Lawas
2. Kelebihan Windows 64 bit
  • Lebih cepat dan efesien
  • Dapat menjalankan software 32 bit
  • Dapat menjalankan software yang mengutamakan grafis

Kekurangan

1. Kekurangan Windows 32 bit
  • Tidak dapat menggunakan RAM lebih dari 4 GB
  • Tidak cocok digunakan untuk perkerjan berat
2 Kekurangan Windows 64 bit
  • Tidak cocok untuk komputer atau leptop lawas
  • Tidak terlalu optimal mengunakan RAM 2 GB 

Cara Melihat Basis Windows Yang  Digunakan

Bila Anda belum tahu basis windows apa yang digunakan pada komputer atau leptop Anda, Anda dapat mengcek atau melihatnya, ikuti langkah langkahnya seperti dibawah ini.
  • Cari icon My Computer/ This Pc pada Windows ekspoler   atau dekstop >> klik kanan
  • Pilih Porpertis >> Tampil informasi Windows opersi system yang digunakan
Melalui Control Panel :  Control Pane l>> System and Security >> System

Perbedaan Antara Windows 32 dan 64 Bit, Kelebihan windows 32 bit dan 64 bit.

Demikian tadi pebahasan mengenai perbedaan antara Windows 32 dan 64 bit berserta kelebihan dan kekurangannya, semoga dengan artikel ini Anda semaikin bijak dalam penggunan Windows 32 dam 64 bit. Semoga bermanfaat , TERIMAKASIH.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Antara Windows 32 dan 64 Bit Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya"

Posting Komentar