Perangkat Lunak (Software)


Perangkat lunak, software, macam-macam software, pengertian software
Perangkat Lunak  (Software) - Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur komputer,data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa progam atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Dan perangkat lunak pada sistem komputer juga dibagi menjadi dalam beberapa kategori sesuai dengan jenis serta fungsinya.

Baca Juga : Perangkat Keras (Hardware)

 Macam-macam Perankat Lunak (Software)


1. Perangkat Lunak Aplikasi (Application software)
merupakan suatu subkelas perangkat  lunak software komputer yang memanfaatkan kemampuan komuter langsung, untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan si pengguna . progam ini dibuat progammer dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya.

2. Sistem Operasi (Operasi System).
merupakan program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasr, sehingga depat mengatur kerja media input, output,tabel pengkodean, memory, penjadwalan prosesor dll. Sistem operasi ini sendiri difungsikan sebagai penghubung antara manusia dengan Hardware (Perangkat Keras) dan Software (Perangkat Lunak) yang digunakan. Dan fungsi utama dari sistem operasi adalah:

  1.  Menyimpan progam dan aksesnya.
  2.  Membagi Tugas dalam CPU.
  3.  Mengalokasikan tugas-tugas penting.
  4.  Merekam sumber-sumber data. 
  5.  Mengatur memory sistem termasuk penyimpanan , menghapus dan mendapatkan data.
  6.  Kesalahan data sistem -Multitugas pada OS/2", windows '95?, windows '98?", windows NT" ,/2000/XP. 
  7.  Memelihara keamanan sistem.

3. Perangkat lunak gratis (Freeware )
Adalah perangkat lunak (software ) komputer yang memiliki cipta yang gratis dihunakn tanpa batasan waktu, sehingga dapat dibedakan dari  shareware yang mewajibkan pengguna membayar (misalnyna setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan).

4. Perangkat lunak uji coba (Shareware/Trialware) 
Adalah progam terbatas, program  didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan filtur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang telah ditetapkan (misalnya 30 Hari) yang biasa disebut dengan masa trial. Dengan demikian,  memberikan pengguna kesempata untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari suatu program.

5. Perangkat lunak perusak (Malware)
Adalah sebuah perangkat lunak yang berkerja untuk merusak tata kerja dari sistem komputer. Malware  ini berkerja dengan menggangu kinerja dari perangkat lunak ynang ada dalam sistem komputer . Perangkat lunak perusak biasanya sangat mudah tersebar dari dari satu komputer ke komputer lain , apalagi yang terhubung dalam suatu jaringan (network), atau bisa juga lewat hardware pertable, seperti USB flashdisk, Cardreader atau floppy disk

6 Bahasa Pemograman (Programing Language)
Adalah program yang digunakan untuk menterjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa  pemrograman kebahasa mesin dengan aturan atau prosedur terteunt, agar diterima oleh komputer. Program bantu (utility) program bantuan merupakan perangkat lunak yanng berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer , misalnya memformat disket, mengopy data , mengkompres fie, dll.
   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perangkat Lunak (Software)"

Posting Komentar